Kamis, 08 Desember 2011 By: BLOGX ABHIE
VIRUS
Pengertian Virus
Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.
Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofage atau fage digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel).
Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas jika tidak berada dalam sel inang. Karena karakteristik khasnya ini virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus flu burung), atau tanaman (misalnya virus mosaik tembakau/TMV).

Struktur Atonomi virus
Model skematik virus berkapsid tone (mosaik virus tembakau): 1 Asam nukleat ( RNA ), 2kapsomer, 3 kapsid.
Virus merupakan organisms subselular yang Karena ukurannya kecil earhook, hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop electron .Ukurannya lebih kecil daripada bacterial virus sehingga tidak dapat DISA ring dengan penyaring bacteria. Virus terkecil berdiameter hanya 20 nm (lebih kecil daripada ribosom ), sedangkan virus terbesar sekalipun sukar dilihat dengan mikroskop cahaya. 
Genom dapat berupa virus DNA ataupun RNA . , AntiVirus Genom dapat terdiri Dari DNA untai Ganda, untai tunggal DNA, RNA untai Ganda, atau untai tunggal RNA. ITU Selain, Asam nukleat virus genom dapat berbentuk linear tunggal atau sirkuler.  AntiVirus Jumlah gen bervariasi Dari empat terkecil sampai dengan yang untuk untuk yang terbesar beberapa ratus. AntiVirus Bahan genetik kebanyakan hewan manusia berupa DNA dan, dan, mint virus RNA tumbuhan kebanyakan adalah yang beruntai tunggal.

Bahan genetik diselubungi oleh suatu lapisan pelindung virus. Protein yang menjadi lapisan pelindung tersebut disebut kapsid . Bergantung tipe virusnya cauldron, kapsid bisa berbentuk Bulat (sferik), tone, polihedral, atau bentuk dan yang lebih terdiri ATAs protein complex Yang disandikan olehgenom virus. Kapsid terbentuk Dari banyak subunit protein yang disebut kapsomer .
Bakteriofagterdiri Dari kepala polihedral berisi Asam nukleat dan untuk ekor menginfeksi inang.
untuk virus berbentuk tone, kapsid protein (protein biasanya disebut nukleonkapsid) terikat langsung dengan penom virus, misalnya, mint campak virus, protein setiap nukleokapsid terhubung dengan more basa RNA membentuk tone sepanjang sekitar mikrometer. komposisi complex protein dan asam nukleat disebut nukleokapsid peple. antivirus pot campak, nukleokapsid people diselubungi oleh lapisan LIPID yang didapatkan this inang dari, dan yang glikoprotein disandikan oleh melekat cauldron selubung LIPID tersebut virus, bagian bagian people berfungsi lower among service companies pengikatan cauldron dan ke pemasukan this cauldron inang awal infeksi.
Virus cacar air memiliki selubung virus.
Kapsid sferik menyelubungi virus genom virus secara keseluruhan dan dengan tidak terlalu berikatan Asam nukleat seperti Virus sound. Struktur people bisa bervariasi Dari ukuran 20 NanoMeter hingga 400 NanoMeter terdiri ATAs dan yang virus protein tersusun lower among service companies bentuk Simetron ikosahedral . protein Jumlah dibutuhkan membentuk kapsid virus untuk yang sferik ditentukan dengan koefisien T, 60T yaitu sekitar protein. Sebagai contoh, virus Hepatitis B memiliki angka T = 4, 240 butuh untuk membentuk kapsid protein. AntiVirus Seperti bentuk tone, kapsid sebagian jenis Virus sferik dapat diselubungi lapisan LIPID, namun biasanya protein kapsid sendiri langsung terlibat penginfeksian lower among service companies in this.

Beberapa jenis virus memiliki unsur yang tambahan membantunya menginfeksi inang.Virus cauldron hewan memiliki selubung virus membran yaitu menyelubungi kapsid. Selubung people mengandung fosfolipid dan inang this protein Dari, tetapi Falls mengandung protein danglikoprotein yang berasal Dari virus. Selain protein selubung dan kapsid protein, virus molecular jet membawa beberapa enzim di kapsidnya lower among service companies. Ada pula beberapa jenis bakteriofag yang yang memiliki ekor protein melekat cauldron "kepala" kapsid. Serabut-serabut ekor tersebut digunakan oleh Fag untuk menempel suatu cauldron of bacteria.Partikel lengkap disebut virus virion . Virion berfungsi sebagai ALT transportasi gen, sedangkan components selubung dan kapsid bertanggung jawab mekanisme penginfeksian this inang lower among service companies.


0 komentar:

Posting Komentar